October 30, 2020

guildmmorpg

Guild Blog

Sejarah Masuknya Kopi ke Indonesia

Saat ini, Indonesia menjadi produsen kopi terbesar ketiga di dunia, setelah Brazil dan Vietnam. Banyak orang menganggap bahwa kopi merupakan komoditi asli Indonesia. Kopi sebenarnya merupakan tanaman asli Ethiopia. Tanaman kopi kemudian menyebar ke Asia dan Eropa berkat pedagang-pedagang dari Arab. Lalu bagaimana kopi bisa sampai ke Indonesia? Berikut ini ulasan dari Infoana.

https://infoana.com/

Tak bisa dipungkiri bahwa pemerintah kolonial berjasa dalam sejarah masuknya kopi ke Indonesia. Merujuk dari berbagai sumber referensi Infoana, masuknya kopi ke Indonesia dimulai pada tahun 1696. Saat itu pemerintah kolonial Belanda membawa kopi dari Malabar, India, masuk ke Jawa. Pohon tersebut rencanaya ditanam di daerah Kedawung (dekat Batavia). Namun upaya tersebut gagal karena adanya bencana gempa bumi dan banjir.

Pada tahun 1699 Belanda kembali menanam stek tanaman kopi dan berhasil. Penelitian di Kebun Raya Amsterdam pada tahun 1706 menyatakan bahwa kopi yang ditanam di Jawa memiliki kualitas baik. Tanaman kopi kemudian dikembangkan secara massal di seluruh Indonesia, seperti Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan pulau-pulau lainnya. Itulah mengapa, sekarang ini kita bisa menemukan beragam jenis kopi dari berbagai daerah.

Sayangnya, pada tahun 1878 banyak perkebunan kopi rusak karena serangan penyakit karat daun (Hemileia Vestatrix). Kerusakan terbesar terjadi di perkebunan kopi dataran rendah. Saat itu Belanda menyimpulkan bahwa jenis tanaman kopi (arabika) yang ditanam tidak cocok serta tidak tahan terhadap karat daun. Belanda pun mencoba menanam kopi jenis lain, yaitu liberika dan berharap jenis ini lebih tahan karat daun. Namun hasil yang didapatkan masih tak sesuai harapan.

Pada tahun 1907, Belanda kembali mendatangkan tanaman kopi jenis lain, yaitu robusta. Kali ini upaya budidaya kopi Belanda berhasil dan membuatnya menjadi salah satu pemasok kopi terbesar di dunia. Keadaan berbalik saat Indonesia menjadi negara berdaulat. Belanda tak lagi menjadi pemasok terbesar karena seluruh perkebunan kopinya dinasionalisasi dan menjadi milik Indonesia sepenuhnya. Bahkan kopi sudah menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia yang terbaik.

Masuknya kopi ke Indonesia adalah salah satu penggalan sejarah yang berhasil mengharumkan nama negara. Masih banyak lagi kisah bersejarah yang bisa Anda akses di laman Infoana. Semoga bermanfaat.